promo bonus situs judi sabung ayam online s128 dan sv388 indonesia
Tips Membuat Kandang Ayam Bangkok yang Sederhana dan Sehat

Sabung Ayam Online – Kandang merupakan hal dasar yang mendukung kesuksesan ternak ayam bangkok. Tanpa kandang yang bagus dan sehat ayam bangkok akan mudah terserang penyakit terlebih untuk anakan. Ketika anda memutuskan membuat kandang ayam aduan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Kandang ayam tidak hanya bagus tapi yang terpenting adalah kenyamanan untuk ayam aduan kesayangan anda.

Tidak perlu kandang yang mewah, yang terpenting nyaman dan mudah bagi peternak saat memberikan perawatan pada ayam bangkok. Tapi tidak jarang juga peternak yang masih membuat kandang ayam bangkok dengan mewah dan merogoh modal yang cukup banyak. Oleh karena itu dalam artikel ini akan membahas cara membuat kandang ayam aduan yang sederhana dan sehat.

Tips Membuat Kandang Ayam Bangkok yang Sederhana dan Sehat

Sebelum membuat kandangnya ada hal yang harus diketahui tentang ciri-ciri kandang yang sehat yakni:

  • Kandang harus mendapat sinar matahari yang cukup, terutama sinar matahari pagi
  • Desain harus dibuat untuk mempermudah peternak dalam merawat ayam bangkok
  • Sebaiknya bagun kandang jauh dari rumah dan perumahan warga
  • Keamanan kandang juga perlu diperhatikan agar tidak kemalingan dan tidak ada predator seperti kucing atau tikus yang masuk
  • Ukuran kandang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sesuaikan dengan jumlah ayam yang akan diletakan dalam kandang tersebut
  • Kandang harus memiliki aliran air yang lancar agar saat musim hujan tidak ada air menggenang di daerah sekitar kandang
  • Memiliki pohon di daerah sekitar kandang agar perputaran udara tetap segar

Dalam budidaya ayam bangkok membutuhkan beberapa jenis kandang, ada empat kandang yang harus dibuat untuk mempermudah pemeliharaan ayam bangkok.

Kandang Postal

Kandang ini khusus untuk anakan ayam yang baru menetas (DOC), ukurannya ini masing-masing panjang, lebar dan tinggi satu meter saja. Biasanya dapat menampung 10-15 DOC. Dinding kandang postal dapat dibuat dari kawat dan sisi dalamnya harus hangat. Kehangatan dapat diberikan lampu bolham dan alas dapat menggunakan sekap padi agar kelembabkan kandang masih terjaga. Serta yang paling penting alas tersebut haru ditukar tiga hari sekali.

Kandang Anakan

Kandang anakan atau kandang bok ialah kandang yang biasa digunakan untuk anak ayam usia 1-3 bulan. Tujuan memisahkan kandang anakan dengan dewasa adalah agar anakan ayam lebih cepat bertumbuh. Kandang bok dibuat dengan ukuran minimal 2×1 meter tergantung seberapa banyak anakan ayam. Sementara untuk ukuran tinggi yang ideal adalah 2,5m dan alas yang baik yaitu tanah yang dicampur dengan pasir. Alas ini berguna untuk membuat susunan cakar serta jari-jari anakan ayam.

Kandang Dewasa

Setelah usia ayam diatas tiga bulan sebaiknya pisahkan dari anakan ayam lainnya agar tidak terjadi pertarungan. Kandang ayam dewasa dapat dibuat dengan bambu atau papan dengan ukuran minimal 1×1 meter untuk satu ekor ayam. Jika kandang dibuat berbaris sebaiknya buat pembatas yang rapat agar ayam tidak berkelahi.

Kandang Bejemur

Seperti yang sudah diketahui bahwa ayam bangkok harus dijemur setiap pagi untuk menjaga kesehatannya. Ayam bangkok harus dijemur dalam kandang kurungan agar tidak bertarung satu sama lain. Kandang kurungan dapat dibuat dari bambu dengan bentuk bulat atau kotak, hal yang perlu diperhatikan bambu disusun dengan jarak yang renggang. Kandang ini selain digunakan untuk berjemur pun dapat digunakan untuk mengumbar.

Ketika memutuskan menjadi peternak sebaiknya pahami dahulu teori perkandangan diatas. Pada umumnya membuat kandang-kandang tersebut tidaklah sulit. Demikian pembahasan kami agen sabung ayam online terpercaya di Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.