promo bonus situs judi sabung ayam online s128 dan sv388 indonesia
Tips Mengawinkan Ayam Bangkok Agar Dapat Anakan Berkualitas

Sabung Ayam Online – Sebagai peternak ayam bangkok hal yang harus diperhatikan ialah mengawinkan ayam bangkok agar produktif. Hal ini gampang-gampang susah apalagi untuk pemula, fokuskan saja untuk menghasilkan anakan berkualitas.

Umumnya ayam bangkok dapat melakukan perkawinan sendiri tanpa campur tangan manusia, tapi sebagai peternak budidaya diwajibkan harus memiliki pengetahuan cara pengembangbiakan tersebut. Sebelum mengawinkan ada baiknya mengenal terlebih dahulu induk ayam bangkok yang berkualitas seperti apa. Karena semakin berkualitas anak ayam bangkok tersebut maka nilai jualnya akan semakin tinggi.

Beberapa Sistem Perkawinan Ayam Bangkok

Stud Mating

Sistem perkawinan yang menggunakan satu induk betina dan satu induk jantan. Kelebihan sistem ini adalah tingkat telur yang dihasilkan akan lebih banyak dan terjamin kualitasnya. Namun, kekurangannya jika budidaya dalam jumlah besar masih di anggap kurang bagus karena dalam sistem ini akan lebih banyak menggunakan ayam jantan dalam prosesnya.

Pen Mating

Sistem perkawinan yang menggunakan satu ayam jantan dengan 4-5 ekor ayam betina. Kelebihannya akan lebih cepat memproduktif dan dengan sistem ini pun pejantan yang digunakan tidak terlalu banyak. Sementara kelemahannya akan ada indukan ayam aduan yang terintimidasi karena kalah bertarung dengan betina lain atau tidak disukai oleh pejantan.

Flock Mating

Sistem perkawinan yang menggunakan beberapa ekor ayam jantan dan beberapa ekor ayam betina. Kelebihannya yaitu telor yang dihasilkan lebih bervariasi, tapi kekurangannya para pejantan akan bertarung jika disatukan.

Inseminasi Buatan (IB)

Sistem perkawinan unggas yang modern dengan teknologi perternakan. Sistem ini dilakukan dengan menyuntikan sel sperma ayam jantan ke ayam betina dengan bantuan manusia. Namun, tingkat keberhasilannya masih kurang menyakinkan.

Pilih salah satu sistem diatas yang menurut anda paling cocok untuk peternakan anda, namun biasanya para botoh lebih sering menggunakan sistem stud mating dan pen mating. Caranya apabila anda menggunakan stud mating dapat dilakukan di dalam kandang berukuran 2×2 meter. Sementara bila dengan sistem pen mating dapat dilakukan pada kandang yang lebih besar seperti 2×4 meter atau dapat dilakukan di halaman terbuka.

Selanjutnya biarkan ayam tersebut melakukan perkawinan secara alami. Biasanya ayam yang cocok akan bertelur dalam beberapa hari. Jika cara pen mating harus lebih sabar karena pejantan tidak akan mengawinkan betina sekaligus tergantung dari si penjatan tersebut. Dalam proses ini hal yang harus diperhatikan agar mendapat anakan ayam bangkok berkualitas ialah memilih pejantan dan betina yang berkualitas juga.

Induk yang sudah ingin bertelur akan segera mencari sarang, anda dapat membuat sarang dengan menggunakan jerami yang dimasukkan ke dalam kotak atau kardus. Usahakan jangan biarkan indukan bertelur sembarangan dan melatih untuk bertelur ditempatnya. Masing-masing indukan juga harus bertelur pada lokasi yang berjauhan agar tidak tertukar. Sarang yang baik harus nyaman dan memiliki suhu udara serta kelembaban yang teratur.

Berikutnya setelah telur menetas sangat penting untuk memindahkan anak ayam ke kandang khusus DOC untuk menghindari kematian. Setelah itu lanjutkan dengan memberikan pakan dan asupan gizi sesuai usia anak ayam bangkok tersebut. Dengan tips yang tepat bukan tidak mungkin akan menghasilkan anakan ayam aduan yang berkualitas dan bernilai jual tinggi.

Demikian artikel kami semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam sukses agen sabung ayam online terpercaya di Indonesia.